Tips Tetap Sehat Dimusim Penghujan

              Menjaga Satamina Tubuh Saat Musim Hujan




Setelah sekian lama merasakan panasnya kemarau, ahirnya datang juga musim penghujan,
sayangnya, tak semua orang merasa gembira dengan datangnya musim penghujan,
maklum saja banyak faktor alam dan bahaya penyakit mengintai dibalik sejuknya udara musim penghujan.
Disebagian wilayah diindonesia sering terjadi banjir terutama dijakarta, kalau sudah datang musim penghujan, dan banyaknya penyakit, Demam bedarah salah satunya, penyakit yang satu ini ditimbulkan oleh nyamuk Aedes aegypti Yang Bersarang pada sisa-sisa genangan air hujan.
Jika tidak segera diatasi, demam bedarah bisa menimbulkan kematian, Belum lagi radang infeksi saluran nafas, influenza, diare, asma, rhinitis, dan penyakit kronik lainnya yang sering muncul pada cuaca yang dingin.
Untuk menjaga diri dan meminimalkan resiko terkena penyakit dimusim hujan, anda dapat melakukan banyak hal sebagai upaya pencegahan. Salah satu cara cukup efektif adalah memakai perlengkapan pelindung hujan seperti payung, jas hujan, dan sepatu tahan air saat anda keluar rumah ketika hujan.
Segera mandi setelah berhujan-hujanan karena penyakit dapat muncul ketika tubuh anda mengalami perubahan suhu yang drastis.
Mandi dengan segera akan menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan sekaligus membersihkan tubuh anda dari kuman dan kotoran, saat mengeringkan badan temperatur suhu tubuh anda akan bertahap kembali ke suhu normal.
Selanjutnya hangatkan tubuh anda dengan minum teh hangat atau makan kuah hangat.
Jangan pernah anda sepelekan kebiasaan mencuci tangan sebelum melakukan apapun. Pasalnya, menurut peneliti medis, cara terbaik kuman masuk ke tubuh kita adalah melaui tangan kotor. Untuk menjaga diri agar terlindung, bersihkan tangan anda secara teratur. pastikan anda mencuci tangan setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. hindari juga menyentuh wajah dengan tangan yang kotor karena kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut.
Pastikan anda tetap minum air putih yang cukup selama musim hujan, tampa disadari, minum air merupakan bentuk tidak langsung dari pencegahan untuk segala macam penyakit. minum air yang cukup dapat mengganti kehilangan cairan tubuh anda sehingga tidak mengalami dihidrasi. terlebih lagi, air juga menbersihkan kuman melalui sistem saluran kencing sehingga mencegah infeksi saluran kencing.
Semoga bermamfaat..

No comments :

Post a Comment

Tinggalkan comentar anda disini